Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Perbedaan Artikel dan Berita

Masih banyak orang yang belum mampu membedakan antara postingan dan info. Keduanya memang tampak mirip namun bergotong-royong terdapat beberapa hal yang membedakannya. Nah biar tidak salah lagi, pada potensi ini akan dibahas mengenai perbedaan postingan dan berita. Supaya tidak galau dan semakin penasaran pribadi saja simak penjelasannya di bawah ini.

Konten

  • 1. Ditinjau Dari Definisi nya
  • 2. Dilihat Dari Sifatnya
  • 3. Perbedaan Bentuknya
  • 4. Media Penyampaian yang Digunakan

1. Ditinjau Dari Definisi nya

Salah satu cara paling mudah untuk membedakan artikel dan juga isu yaitu dilihat dari definisinya. Artikel merupakan sebuah karangan faktual yang didalamnya terdapat ide atau ide penulis nya. Biasanya artikel akan dipublikasikan baik dalam media cetak maupun elektronik.

Sementara itu, isu yaitu sebuah informasi terkait sesuatu hal yang sedang hangat terjadi. Berita ini harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan juga mesti menyanggupi tolok ukur penulisan 5W + 1 H. Penyajian info ini mampu lewat media elektronik, cetak maupun dari lisan ke ekspresi.

2. Dilihat Dari Sifatnya

Jika mengacu pada definisi yang sudah dijelaskan di atas maka perbedaan postingan dan berita juga bisa dilihat dari sifatnya. Artikel memiliki sifat yang tetap, sementara itu berita sifatnya hanya sementara. Mengapa hal ini mampu terjadi?

Penyebabnya alasannya adalah postingan ditulis bukan hanya untuk ketika ini saja, melainkan untuk jangka panjang. Banyak juga artikel yang meskipun sudah bertahun-tahun namun masih berhubungan dan bisa digunakan hingga kini. Hal ini berlainan dengan gosip yang cuma berlaku dikala berita tersebut dirilis saja. Setelah itu maka hal tersebut sudah tidak relevan lagi.

3. Perbedaan Bentuknya

Bentuk dari artikel dan juga informasi juga terang saja berlainan. Secara biasa bentuk dari artikel adalah ilmu pengetahuan. Maksudnya penulisan postingan didasarkan dari pandangan baru atau ide sang penulisnya. Isi yang terkandung di dalamnya juga pasti menunjukkan pengetahuan embel-embel untuk para pembaca nya.

Sementara itu untuk isu bentuknya bukanlah ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan tujuan penulisan informasi biasanya hanya untuk mengumumkan atau menyampaikan kondisi terkini saja. Lebih tepatnya info ini dipakai untuk menambah pengetahuan perihal insiden faktual yang pada dikala itu sedang terjadi di suatu tempat.

4. Media Penyampaian yang Digunakan

Artikel lazimnya berupa tulisan sehingga disampaikan lewat media cetak seperti koran ataupun majalah dan juga media elektronik seperti situs web. Sementara itu untuk berita tidak selalu berupa goresan pena.

Masyarakat lebih familiar dengan info yang disampaikan melalui televisi dan juga radio. Walaupun sesungguhnya info juga mampu dalam rupa tulisan, namun media penyampaian informasi ini bisa digolongkan lebih luas ketimbang artikel.

Itulah beberapa perbedaan postingan dan berita yang penting untuk sama-sama diketahui. Dengan mengenali informasi ini dibutuhkan untuk kedepan nya tidak kebingungan lagi saat hendak membedakan antara artikel dan juga informasi.




Posting Komentar untuk "Kenali Perbedaan Artikel dan Berita"